Perkembangan Teknologi

by 02.57 0 komentar
Pekembangan teknologi memang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi akan terus berjalan. Perlu diketahui bahwa jaman dulu sudah ada teknologi. Hanya saja teknologi dulu belum secanggih seperti sekarang ini.



Dalam perkembangan teknologi terdapat 3 klasifikasi dasar, yaitu :
  • Neutral Technological Progress (Bersifat netral): Terjadi bila tingkat output lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor input yang sama.
  • Labor Saving Technological Progress (Hemat tenaga kerja) : Terjadi sejak akhir abad ke - 19 dan ditandai dengan meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu.
  • Capital Sacing Technological Progress (Hemat modal) : Fenomena ini hampir langka dan hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara - negara maju yang lebih diprioritaskan kepada tenaga kerja, bukan modalnya.
Sekarang mengenai perkembangan teknologi di Indonesia kawan...

Menurut mantan Menteri dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Armida Alisjahbana, kemajuan teknologi di Indonesia sendiri masih lemah. Ada beberapa indikator yang membuktikan rendahnya tingkat teknologi di Indonesia, seperti kurangnya kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi di sektor industri, sinergi kebijakan masih lemah, dan sedikitnya jumlah ilmuwan di Indonesia. 

Rendahnya kemajuan teknologi di Indonesia terlihat dari minimnya anggaran pemerintah untuk riset. Walaupun pada tahun 2010 pemerintah Indonesia telah mengalokasikan dana sejumlah 1,9 trilliun rupiah (sekitar $205 juta) untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ternyata dana ini hanya 0,85 dari pendapatan domestik bruto (PDB) per tahun. Jika dibandingkan dengan dana riset di China yang berjumlah 2%, Jepang yang berjumlah 3,4%, dan Korea Selatan 4,04% dari PDB, maka bisa disimpulkan bahwa Indonesia cukup tertinggal jauh.

So? Gimana anak Indonesia? Tentunya kita jangan mau kalah dong dengan negara lain dalam hal teknologi. Eiitt, tapi ingat! Perlu digarisbawahi bahwa teknologi itu bagus dan bermanfaat asal dimanfaatkan sesuai dengan kegunaannya. Camkan bahwa "Teknologi dibuat untuk membantu manusia, bukan untuk memperbudak manusia". Oke? :)




Sumber :



Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar